Hubungan antara Customer Satisfaction dan Customer Loyalty

Apa hubungan customer satisfaction dengan customer loyalty? Apakah seorang pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal? Baca terus ya untuk tahu lebih lanjut.

Kalau kamu masih ragu apakah pelanggan yang puas akan memiliki dampak pada penjualan, maka sebaiknya kamu tidak ragu lagi karena jawabannya adalah YA! Bahkan dampaknya pada bisnis kamu bisa kamu rasakan secara jangka panjang, dan tidak hanya pada penjualan jangka pendek saja.

Ada studi yang menyebutkan bahwa pelanggan yang sangat puas akan berkontribusi sebesar 2.6 kali lebih besar daripada pelanggan yang puas, dan membawa pendapatan 17 kali lebih besar daripada pelanggan yang tidak puas. Studi lain menyebutkan bahwa biaya untuk mendapatkan pelanggan baru adalah 7 kali lebih besar daripada biaya mempertahankan pelanggan.

Dari studi-studi tersebut kita bisa melihat bahwa customer satisfaction akan mengarah pada customer loyalty. Semakin tinggi tingkat kepuasan seorang pelanggan, maka semakin besar kemungkinan dia akan membeli kembali di masa yang akan datang. Dengan demikian, semakin puas pelanggan kamu, maka semakin besar kemungkinannya dia akan menjadi pelanggan yang loyal pada bisnismu.

Pelanggan yang loyal sejatinya adalah sebuah aset perusahaan yang sangat bernilai. Mereka akan melakukan pembelian kembali, menghabiskan lebih banyak uang mereka di bisnismu, dan bahkan menjadi advocate untuk merek kamu. Jadi, meningkatnya customer satisfaction akan berarti meningkatnya customer loyalty, yang pada akhirnya akan meningkatkan profitability bisnis kamu dalam jangka panjang.

Jadi kalau kamu masih belum melakukan pengukuran kepuasan pelanggan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berubah. Tapfeedback menyediakan platform yang simple dan efisien untuk melakukannya.

IG Post-53-01

Contact Us

UnionSPACE GKM Green Tower Lv. 20

Jl.  TB Simatupang Kav. 89 G

Kebagusan Jakarta Selatan 12520

  • Email: contact@tapfeedback.id
  • WhatsApp: +62 851 5503 0325

Support

Get your tapfeedback guide here :

tapfeedback is brought to you by CX-Go

We are a market research agency, focusing in creating customer excellence for our partners. We believe that customer should be the center of every business decision making, thus we aim to help our partners in understanding their customer and utilizing that insight into creating better product and service.

Close Menu